MANUSIA, KEBUDAYAAN & AGAMA

 Budaya berasal dari budi dan daya

yang artinya " hal-hal yang berkaitan dengan pikiran dan hasil dari pikiran manusia " budaya tersebut menghasilkan sumber daya yang membuat macam-macam keistimewaan tersendiri. 

Pada dasarnya manusia merupakan mahkluk pemikir yang selalu mempunyai ide untuk memperbaiki kehidupannya, karena itu budaya identik dengan manusia karena yang membuat sumber budaya adalah manusia. Nahh.. tau gak kalau budaya itu menjadi pembeda antara manusia dengan manusia lainnya. karena apa? karena budaya dan pemikiran dari wilayah kewilah pastinya sangat berbeda.

Segala budaya tentang apapun tidak luput dari pemikiran manusia yang selalu berpikir dan berpikir, oleh karena itu kita diharuskan berpikir yang memberi manfaat dan baik. contoh 

Diwabah covid ini telah melahirkan budaya daring atau sering disebut sekolah online. dengan serba onlinee kita dituntut untuk belajar mandiri tanoa tatap muka, jika kita serius dalam belajar maka kita akan menjadi orang sukses. Pastinya sukses tidak datang begitu saja, tapi dijemput dengan usaha-usaha yang maksimal dari diri sendiri

Apa hubungannya agama dengan kebudayaan? Nahh jadi agama merupakan unsur sentral dari kebudayaan atau yang menjadi dasar atau tradisi suatu wilayah. Agama memiliki peran penting dalam kehiduoan manusia, bisa jalian bayangkan kalau manusia hidup tanpa agama? pasti tidak beraturan dan akan kacau balau. contoh: pernikahan diatur oleh negara sesuai agama, bila agama tidak ada agama apakah dunia ini tidak rusak oleh manusia.

contoh: majid merupakan tempat sembayang umat muslim yang suci, tetapi bentuk masjid di berbagai wilayah berbeda-beda karena kebudayaan tiap wilayah memang beragam.

contoh: menutup aurat adalah kewajiban bagi muslim yang sudah baligh, namun model pakaian yang dikenakan memiliki ciri khas atau model pakaian dari tiap daerah tapi tetap memenuhi syarat dalam menutup aurat.

Pada intinya agama merupakan sentral dari kebudayaan, dengan begitu kita sebagai manusia yang dituntut untuk cermat dalam segala hal, jangan sampai menyalah gunakan kebudayaan dan agama sehingga menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti saling menghina, tidak toleransi atas perbedaan dan masih banyak yang dapat menimbulkan kefatalan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Histori Peradaban dan Perkembangan Islam era-Kalsik